Sebelum ada Rumah Belajar Ceria, anak-anak Kampung Pemulung Cengkareng tidak mengenyam pendidikan yang layak. Namun kini, RBC punya puluhan murid yang semangat belajar. Yuk, dukung pendidikan anak kampung pemulung dengan sedekah terbaik kita!

Mulung Hingga Malam Hari, Bantu Pendidikan Anak Kampung Pemulung

Tidak ada sekolah formal di permukiman kumuh di atas lahan PT Perumnas. Dahulu, lokasi ini digunakan sebagai tempat penampungan sampah sementara warga Perumnas Cengkareng, Jakarta Barat. Kini, ratusan kepala keluarga yang mayoritas bermata pencaharian sebagai pemulung bermukim di sini. Oleh karena itu, tempat ini biasa disebut Kampung Pemulung.

df97094238ab9889bf33a6b9a4815f41.jpg Jika normalnya malam hari dihabiskan oleh anak-anak dengan belajar, beristirahat, atau sekadar menonton televisi, tidak halnya dengan anak-anak Kampung Pemulung. Mereka keluar rumah selepas Maghrib hingga malam untuk mengais sisa-sisa barang bekas di tempat sampah warga. Tidak semua anak di sini beruntung dapat sekolah atau mengenyam pendidikan formal karena keterbatasan kemampuan orang tua mereka yang berpengahasilan sangat minim.

0c476c59d4b19c2c8f7bb0493813ed79.jpg

Oleh karena itu, Rumah Belajar Ceria (RBC) hadir di Kampung Pemulung untuk memberikan pendidikan nonformal secara gratis bagi anak-anak setempat walau dengan segala keterbatasan. Diinisiasi oleh relawan MRI ACT Jakarta Barat secara swadaya dan minim biaya, RBC hanya mampu menyewa 1 petak sempit sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar di sana. Padahal jumlah anak-anak yang menaruh harapan di RBC kian hari semakin banyak.

a5224af7c420647f38533136d3a2899b.jpg

Hingga hari ini, tercatat 60 anak yang terdaftar menjadi siswa didik RBC. Sebagian besar merupakan anak keluarga pemulung, namun ada pula yang orang tuanya bekerja sebagai pedagang kaki lima, buruh kasar ,buruh cuci gosok pakaian, dan pengamen. Tanpa adanya RBC, sulit bagi anak-anak ini duduk di bangku sekolah.

Padahal, untuk tetap bertahan, RBC butuh membayar biaya operasional. Darimana lagi mereka mendapatkan biaya tersebut ketika sekolah digratiskan secara penuh, selain dari kepedulian Sahabat Dermawan?

16010d1c65a84f9b8b4b3e3213bca056.jpg

Yuk, Sahabat, bantu anak-anak Kampung Pemulung mengenyam pendidikan dengan bersedekah bagi sarana dan prasarana Rumah Belajar Ceria. InsyaAllah, melalui Aksi Cepat Tanggap Jakarta Barat sedekah darimu akan dikonversikan menjadi biaya perluasan ruangan, fasilitas belajar, dan kebutuhan belajar mengajar lainnya.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada Sedekah
Tidak ada hasil ditemukan

ACT Jakarta Barat

Created 27 Nov, 2020 Jakarta Barat Pendidikan dan Dakwah

Target

Rp 0 Dari Rp 56,000,000

0% Terkumpul by 0 Sedekah 69 hari tersisa