Bantu Tunanetra Pahami Islam dengan Sedekah Mushaf Al Quran Braille

Tunanetra juga ingin memahami Islam lebih baik lewat al Quran. Namun keterbatasan biaya membuat banyak dari mereka belum mampu mendapatkan mushaf al Quran Braille. Yuk sedekah bantu mereka!

Simpan

Bantu Tunanetra Pahami Islam dengan Sedekah Mushaf Al Quran Braille

Target

0 0

0%
0 229 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Tunanetra Pahami Islam dengan Sedekah Mushaf Al Quran Braille

Update : 01 Apr, 2021


Bismillah

Menurut estimasi Kementerian Kesehatan RI, jumlah tunanetra di Indonesia adalah 1,5 % dari seluruh penduduk. Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) pada tahun 2017 memperkirakan jumlah tunanetra di Indonesia mencapai lebih dari 3 juta jiwa.

a0ca92e59acb6fd54579abf47fd12307.jpg

Para Tunanetra melalui kelompok Pertuni sering kali melakukan berbagai aktivitas dan sangat kompak untuk saling membantu satu sama lainnya, termasuk dalam hal memahami Islam dan belajar al Quran. Ternyata tunanetra di pelosok Indonesia masih kesulitan dalam mempelajari al Quran yang disebabkan mahalnya biaya pengadaan al Quran Braille. Selain itu, wilayah yang masih sulit untuk dijangkau menyebabkan mereka tidak mendapatkan fasilitas yang memadai.

1d77615d12fb29abb72a57ec8b4bd5ca.jpg

Meskipun mereka belum secara baik mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan, tetapi mereka tidak patah semangat untuk tetap mempelajari dan membaca al Quran. “kadang kami kesulitan dalam membaca al Quran karena disini tidak semua memiliki al Quran Braille. Sering kali harus bergantian jika ingin baca al Quran” tutur salah seorang Ibu yang bercerita kepada kami.

fb440e77c4b5b88b0715953a7eea9474.jpg

Tentu kita tidak boleh ketinggalan dalam memberikan perhatian untuk memudahkan mereka dalam memahami Islam dan membaca al Quran. Saatnya hadirkan al Quran Braille lebih banyak dan lebih baik untuk mereka! Mari bersama sambut peluang amal jariyah dengan sedekah al Quran Braille untuk tunanetra yang ingin lebih dalam memahami Islam :)

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 01 Apr, 2021 Alhamdulillah, Wakaf Al-Qur’an Braille-mu telah Sampai Kepada Saudara-Saudara Tuna Netra

Selama 5 hari sejak 27-31 Maret 2021 Aksi Cepat Tanggap Jawa Timur mengadakan pelatihan membaca Al-Qur’an Braille bersama Kawan Netra di Masjid An Nuur, Jl. Kalijudan Surabaya.

Sebanyak kurang lebih 40 orang tuna netra mengikuti pelatihan membaca Al-Qur’an ini. Mashaa Allah, tangan-tangan yang bergerak membaca Al-Qur’an, diiringi lantunan ayat suci dari saudara-saudara kita ini, walau terbata-bata, mengingatkan lagi bahwa Al-Qur’an telah dibuat mudah bagi seluruh manusia.



Pelatihan ini diasuh langsung oleh pengajar dari Kemenag dan dipantau. Al Qur’an Braille sekaligus buku pegangan mengajar dengan braille juga dibagikan. Pelatihan ini akan terus dilakukan bagi para pengajar al Qur’an Braille ini. Sebagaimana yang kita ketahui, diantara jutaan saudara kita yang tuna netra, hanya 5% diantaranya yang bisa membaca al Qur’an.

Hal ini dikarenakan banyak tuna netra yang tidak bisa membaca braille itu sendiri. Maka, pelatihan guru tuna netra ini diharapkan bisa meluaskan manfaat dan mengajari saudara tuna netra yang lain lancar membaca kalamuLlah.



Sungguh percuma jika al Qur’an Braille dicetak sebanyak mungkin, sedang mereka sendiri tak bisa membacanya. Bismillah.. semoga ikhtiar baik ini membawa banyak kemaslahatan untuk saudara-saudara kita.

“Saya Nurul, seorang tuna netra yang juga sedang kuliah semester 8 di PTN Surabaya. Saya sangat senang ada pelatihan ini, karena saya bisa mendapatkan metode baru untuk saya ajarkan ke teman-teman tuna netra. Saya sehari-hari mengajarkan huruf braille dan juga al Qur’an Braille. Karena banyak sekali tuna netra yang belum bisa membaca braille, dari pelatihan ini semakin semangat mengajar ngaji ke teman-teman tuna netra.” Ujar Nurul salah satu peserta pelatihan



“Pelatihan membaca Qur’an Braille ini sangat bermanfaat bagi kami guna memberantas buta Qur’an Braille. Kami akan terus mengajarkan Qur’an Braille kepada teman-teman kami yang ada di Pertuni (Perserikatan Tuna Netra) di Jawa Timur. Terimakasih banyak atas bantuan Qur’an dan pelatihannya.” Ujar Pak Heri, peserta pelatihan yang berprofesi sebagai tukang pijat.

Alhamdulillah.. Terima kasih, Sahabat Dermawan, wakafmu telah sampai pada saudara-saudara tuna netra yang merindukan kalam-kalam Allah. Semoga keberkahan dan pahala dari setiap bacaannya mengalir pada Sahabat Dermawan sekalian.



Pelatihan ini juga tidak hanya untuk melancarkan cara baca Al-Qur’an braille, namun juga mencetak para saudara-saudara kita ini menjadi pengajar Al-Qur’an braille. Inshaa Allah kebermanfaatan wakaf Sahabat Dermawan akan tersebar lebih luas lagi, aamiin.

Mohon doa dan supportnya supaya pelatihan ini terus berjalan dan menebar manfaat lebih luas lagi.

Sedekah Sekarang