Ruang kelas yang mulai menua, lapuk dan sering basah dikala hujan membuat murid MIS Darussalam tidak maksimal dalam proses belajar. Yuk bersama kita bantu mereka punya bangunan sekolah yang lebih layak!

Bantu Anak-Anak Madrasah Darussalam Punya Sekolah Layak

Sahabat, mari berkenalan dengan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darussalam. Madrasah ini berdiri di atas pemukiman penduduk Gampong Abeuk Reuling, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Sekolah yang didirikan tahun 2010 ini menjadi tumpuan utama menimba ilmu pendidikan bagi anak-anak penduduk di Gampong Abeuk Reuling dan dua desa lainnya, dikarenakan tidak adanya lagi sekolah hingga 4 kilometer jauhnya. Bahkan anak-anak dan guru pun kesulitan saat ingin buang air kecil, karena tidak tersedianya fasilitas MCK.

bae245e05f0553d84ff13ed0cc950391.jpg

Dengan jumlah murid mencapai 80 orang, Madrasah ini hanya memiliki tiga ruang permanen dan satu gubuk yang disebut ‘ruang kelas’ oleh murid-murid polos itu. 'Ruang kelas' ini pun hanya berdinding tepas yang sudah bolong-bolong. Sebagian ruang disekat dengan belahan kayu kecil yang dipaku jarang-jarang. Bahkan atap ruangan ini hanya terbuat dari daun rumbia yang juga sudah bolong. Lebih lanjut menengok ke bawah, lantainya masih tanah, dengan meja dan kursi seadanya saja. Kala hujan datang, air akan masuk membasahi ‘ruang kelas’ yang tidak bisa dikatakan layak ini.

5ef6ac01b93c198abdfb805a56d628aa.jpg

Membayangkan betapa tidak nyamannya ruang kelas yang mereka singgahi, terasa bahwa proses belajar mengajar pun akan terganggu. Madrasah ini hanya terpisah sekat-sekat dan seringkali terdengar suara dari satu kelas ke kelas lainnya yang saling bersinggungan.

d1286f80465d721b260eaca353b257bc.jpg

Hampir setiap hari, anak-anak selalu bercerita “kapan sekolah kita bisa lebih bagus dan layak seperti sekolah lainnya?”, “Ibu, kadang orang-orang bilang sekolah kita ini seperti Gerupoh Kameng (kandang kambing)”. Mendengar hal tersebut, hati terenyuh memilukan. Walaupun begitu, mereka tetap bersemangat menimba ilmu serta para pengajar pun tidak lelah memberikan dukungan dan motivasi.

4ac828f45c1a0d3adc46fd07006d645c.jpg

Tekad keras kepala sekolah MIS Darussalam membuatnya melakukan ikhtiar terbaik dalam mencari bantuan serta mengajak masyarakat sekitar untuk turut membantu agar sekolah tetap bisa bertahan. Tak jarang Wali murid yang rata-rata berstatus sebagai petani juga ikut membantu memfasilitasi bangunan kelas seadanya, mencari bambu-bambu untuk menutupi bangunan kelas dan pagar-pagar sekolah. Tentu hal itu belum cukup untuk menjadikan sekolah ini masuk dalam kategori 'layak'.

b78f97fd6df43bc853a24a31f32ea4da.jpg

Bagaimana dengan 80 murid di sana? Mereka sangat polos dengan cita-cita besar, tetap ceria dan bercanda serta mengaku bahagia bisa bersekolah di sana. Seakan berbagai keterbatasan yang ada tidak mematahkan impian mereka menjadi generasi masa depan yang lebih baik. Namun, apakah kita akan membiarkan mereka dengan segala keterbatasan dan resiko bahayanya?

Bersama-sama, mari kita bantu wujudkan cita-cita mereka untuk bisa merasakan kenyamanan belajar di tempat yang lebih layak. Bismillah, mari kita bantu tingkatkan kualitas sarana-prasarana MIS Darussalam!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan

Target

Rp 4,255,662 Dari Rp 50,000,000

9% Terkumpul by 74 Sedekah 64 hari tersisa