Gelombang Pasang Rusak Puluhan Rumah Warga Pesisir Semarang, Yuk Bantu Mereka!

Bantu Warga Pesisir Semarang yang Terdampak Gelombang Pasang

Update : 16 Dec, 2020

Gelombang pasang disertai angin kencang menerjang pesisir Pantai Semarang Utara pada Minggu (6/12) lalu. Begitu kuatnya ombak mampu merobohkan sabuk pengaman pantai yang terbuat dari beton. Akibatnya 13 rumah di wilayah Tambak Lorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, mengalami rusak parah.

Ombak besar setinggi 2 meter juga merobohkan dinding rumah warga. Air laut pun masuk tak terbendung menggenangi rumah warga. Salah satu rumah warga yang menderita kerusakan parah adalah milik ketua RT setempat, Sutrimo. Tembok dan lantai rumahnya hancur karena hempasan ombak. Begitu pula rumah-rumah disampingnya.

19cee52d46d845e269b8cc2af82e4853.jpg

“Belum pernah separah ini. Gelombang sebelum-sebelumnya nggak sampai merobohkan tanggul. Mungkin kalo tanggul masih ada, rumah gak akan sampai rusak begini. Beberapa perahu nelayan juga ada yang rusak," ungkap Sutrimo kepada relawan ACT pada Ahad (13/12) kemarin.
Perangkat desa setempat sudah menyiapkan posyandu sebagai tempat pengungsian sementara, bagi penyintas bencana. Hingga saat ini gelombang pasang masih terjadi dan membuat warga waspada terutama di malam hari. "Dari pengalaman tahun lalu, dengan kondisi rumah tidak separah saat ini, saya membutuhkan 45 juta rupiah untuk menguatkan tembok dan pondasi rumah," ungkap Sutrimo.

4ba37528cebb69334655bf3ea1a3e180.jpg

Untuk sementara, sebanyak 87KK yang terdampak akibat terjangan gelombang pasang masih mengungsi di rumah sanak saudara terdekat. Hingga hari ini, beberapa warga dan anak-anak mengalami syok ringan akibat terjangan gelompang pasang tersebut.

Belum bisa diperkirakan berapa kerugian yang ditanggung warga Tambaklorok. Perbaikan tanggul pantai menjadi kebutuhan utama saat ini, disamping renovasi rumah para warga. Selain itu perahu yang menjadi sarana mencari rejeki nelayan di sana juga butuh perbaikan.

f773d3f1d4dc9edb0dd237ec22ddd194.jpg

ACT Jawa Tengah mendata dan mengupayakan bantuan kepada saudara terdampak bencana ini. Mari kita berikan dukungan terbaik, Insya Allah bantuan kemanusiaan akan kita berikan kepada warga prasejahtera di Tambaklorok yang terdampak gelombang pasang ini.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan

ACT Jawa Tengah

Created 16 Dec, 2020 Semarang Utara Bencana Alam

Target

Rp 1,901,082 Dari Rp 30,000,000

6% Terkumpul by 39 Sedekah 31 hari tersisa