Tabung Amal Jariyah, Hadiahkan Alquran Braille untuk Tunanetra di Sumsel

Para tunanetra di Palembang ini alami kesulitan belajar Alquran karena minimnya fasilitas. Yuk, wakafkan mushaf braille untuk mereka!

Simpan

Tabung Amal Jariyah, Hadiahkan Alquran Braille untuk Tunanetra di Sumsel

Target

0 0

0%
0 12 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Tabung Amal Jariyah, Hadiahkan Alquran Braille untuk Tunanetra di Sumsel

Update : 29 Apr, 2021


Tahukah Sahabat, sebanyak 5,6 juta penduduk di Indonesia adalah penyandang disabilitas?

2,2 juta di antaranya merupakan penyandang tunanetra, dan mayoritas tunanetra ini berasal dari kalangan Muslim prasejahtera. Akibat keterbatasan penglihatannya, mereka mengalami kesulitan mempelajari Alquran. Mereka butuh Alquran Braille untuk bisa belajar.

252bf0d6514f8957f19e24e3754ecc58.jpg

Namun, Alquran Braille bagi masyarakat prasejahtera merupakan barang mewah karena harganya yang sangat mahal. Tak hanya itu, para penyandang tunanetra juga masih terkendala belajar Al-Quran karena keterbatasan tenaga pengajar Alquran Braille di Indonesia. Padahal, keinginan belajar mereka sangatlah besar.

Begitu pula yang dirasakan oleh para penyandang tunanetra di Palembang, Sumatera Selatan.

"Saya menilai orang normal bisa dengan mudah membaca Alquran. Kenapa saya kok rasanya mau lebih dekat dengan Alquran, mau bisa baca Alquran juga, tapi kok susah sekali karena keterbatasan Alquran khusus untuk penyandang tunanetra seperti kami," begitulah tutur mereka saat tim ACT Sumsel.

bbffb4b154cea835a6fe5b2e4b3d8a4d.jpg

Dalam satu kesempatan, ustad Abi Hilman yang merupakan satu-satunya pengajar penyandang tunanetra yang mengabdikan dirinya untuk berdakwah dan memberikan motivasi belajar Alquran kepada tunanetra di kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Saya kepingin teman-teman sesama tunanetra juga bisa tetap membaca Alquran meskipun memiliki keterbatasan dalam penglihatan, karena saya tau susahnya membaca Alquran. Bahkan dulu waktu saya awal belajar Alquran sampai menangis-nangis karena harus meraba dan menggunakan insting maka dari itu saya mau berbagi dengan teman-teman yang lainnya," ucap Ustad Abi Hilman.

Ustad Abi berjuang dengan segala keterbatasannya mengajarkan Alquran kepada para tunanetra, tanpa menetapkan biaya. Sebagai tulang punggung keluarga, ia pun harus nyambi bekerja, menjajakan jasa pijat keliling. Ia tetap bersyukur karena bisa membantu saudara-saudaranya belajar mengaji. Namun, Alquran Braille jadi kebutuhannya mengajar.

01e766e3328bfa86c738b1171e3897c5.jpg

"Kalau pengajian, rutin kami lakukan tiap hari rabu. Untuk makan sehari-hari ya alhamdulillah dapatlah dari kerja jadi tukang pijat urut, tapi selama pandemi ini ya jadi agak sulit ekonominya. InsyaAllah tetap bersyukur," imbuh Ustadz Abi Hilman Hingga kini, saudara-saudara penyandang tunanetra masih terus berjuang untuk mempelajari Alquran dengan segala keterbatasannya.

6dab954d14db0fcc6deae3ff374de481.jpg

“Saya gak mau nyerah buat lebih dekat lagi sama Alquran walaupun saya punya keterbatasan tapi saya mau lebih rajin untuk baca Alquran,” ujar seorang adik penyandang tunanetra kepada tim ACT Sumsel.

Insya Allah, ACT Sumatera Selatan akan memberikan dukungan terbaik agar saudara-saudara kita penyandang tunanetra dapat mewujudkan harapannya, bisa membaca Alquran. Namun, tentunya ikhtiar ini butuh bantuanmu!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang