Bantu Santri Annasir miliki Sumur dan Kamar Mandi

Berjalan ratusan meter menjadi rutinitas santri di Pondok Pesantren Annasir untuk mengambil air di tengah perkebunan. Maukah kamu membantu meringankan beban para Santri Annasir agar mereka miliki sumur dan kamar mandi untuk mencuci dan defekasi.

Simpan

Bantu Santri Annasir miliki Sumur dan Kamar Mandi

Target

Rp 28,456,630 Dari Rp 50,000,000

57%
311 Dermawan 112 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bantu Santri Annasir miliki Sumur dan Kamar Mandi

Update : 02 Mar, 2021


Berjalan ratusan meter menjadi rutinitas santri di Pondok Pesantren Annasir untuk mengambil air di aliran sungai kecil yang berada di tengah perkebunan. Hal ini dilakukan setiap hari karena mereka tidak memiliki akses air bersih dan kamar mandi yang layak. Mau tak mau mereka lakukan ini agar bisa mandi, mencuci pakaian, dan melakukan defekasi.

“Jarak dari pondok ke tempat aliran air lumayan jauh kak. Biasanya kami harus jalan ratusan meter supaya bisa mandi atau mencuci” Ungkap salah seorang santri kepada Tim ACT saat menemui mereka.

4e2636d13c1a2a22557fa19ded24fc93.jpg

Pondok Pesantren Annasir yang terletak di Desa Padang Malakka, Kecamatan Dolok Sigompulon, Kabupaten Lawas Utara, Sumatera Utara ini memiliki kurang lebih 150 santri. Kegiatan santri di Pondok pesantren Annasir sama seperti pada pesantren lainnya, memperdalam ilmu agama, belajar dan menghafal sudah menjadi rutinitas keseharian santri Annasar.

Setiap pagi mereka sudah harus terbangun dari tidur lelapnya, hanya untuk menjalankan kewajibannya, yaitu menunaikan ibadah sholat subuh berjamaah bersama guru dan santri lainnya. Selepas subuh tibalah mereka untuk bersiap melakukan aktifitas lainnya seperti mandi dan mencuci pakaian.

“Bukan cuma itu aja Kak, apalagi kalau subuh tidak ada penerangan jadi kami harus lebih hati-hati lagi. Takutnya kepeleset atau ada ular gitu jadinya harus lebih was-was lagi” Tambah salah seorang santri kepada kami untuk menceritakan kondisi yang mereka alami setiap harinya.

ef7eed7818a03a4f2747a044981b81ad.jpg

Wajar kalau misalkan untuk mandi dan mencuci, para santri harus menempuh jarak yang jauh. Selain tidak memiliki kamar mandi, mereka pun tidak memiliki sumur yang layak sehingga kebutuhan air bersih masih kurang tercukupi.

“Mau gimana lagi Kak, mau gak mau cuma aliran di sungai ini yang bisa diandalkan kalau engga ya kami gak bisa mandi” Imbuh seorang santri.

Sahabat, seperti itulah perjuangan santri Annasir yang harus berlelah menyusuri jalan untuk mendapatkan air bersih. Meski tempatnya kurang layak mereka tetap menggunakannya untuk mandi dan mencuci. Ya, tempat sungai kecil itu lebih mirip dengan sebuah kubangan air yang airnya cukup keruh jika digunakan untuk mandi. Terlebih lagi mereka harus lebih hati-hati saat menuju aliran sungai tersebut saat menjelang subuh, karena jalan yang terjal dan licin bisa membahayakan mereka.

764aef6615581edc1da56e256a2268d7.jpg

Belum lagi penyakit kulit yang akan membahayakan mereka sering mereka rasakan.Ya, karena tak sedikit dari para santri yang harus mengalami dan merasakan sakit kulit seperti gatal-gatal akibat menggunakan air di aliran sungai tersebut.

“Banyak juga Mas para santri yang terkena penyakit gatal-gatal karena mandi di kubangan seperti ini soalnya kan tempat untuk mandi ataupun mencucui dijadikan satu ditambah lagi airnya kuning dan bau”. Ucap Torang Siregar salah satu pengurus pondok pesantren.

c52624ddd5de159962420c51c7f22412.jpg

Sahabat Dermawan, maukah kamu membantu meringankan beban para Santri Annasir agar mereka memiliki sumur dan kamar mandi untuk mencuci dan defekasi. Agar mereka tidak perlu jauh-jauh mencari air bersih. Dengan kedermawananmu, insya Allah sangat membantu mereka lebih bersemangat dalam belajar ilmu agama dan menghafal Al-Quran.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang