Renovasi Asrama Pesantren Tempat Santri Tepian Negeri Menuntut Ilmu

Ponpes Al-Fajar Bojonegoro jadi tumpuan anak-anak tepian negeri belajar agama. Mereka sangat semangat belajar, namun kondisi pesantren yang tidak layak membuat

Simpan

Renovasi Asrama Pesantren Tempat Santri Tepian Negeri Menuntut Ilmu

Target

0 0

0%
0 229 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Renovasi Asrama Pesantren Tempat Santri Tepian Negeri Menuntut Ilmu

Update : 01 Apr, 2021


“Saya senang kak belajar di pesantren selain bisa dapat ilmu agama juga punya banyak kawan yang baik disini”

Begitulah penuturan Adam salah satu santri di Pondok Pesantren Al-Fajar yang rela berangkat dari Alor, Nusa Tenggara Timur menuju Bojonegoro untuk menuntut ilmu. Adam dan teman-temannya memang dikirim dari berbagai wilayah tepian negeri untuk menempuh pendidikan, yang sulit diterimanya di tempat tinggal asal.

Mereka tidak hanya dibebaskan dari biaya pendidikan, tetapi juga dari seluruh akomodasi perjalanan. Kelak, anak-anak ini diharapkan untuk bisa berkontribusi membagikan ilmu yang mereka miliki kepada masyarakat di wilayah masing-masing. Mereka pun amat antusias dengan adanya kesempatan ini.

790da6adf575e26d7bdafa97d9b97679.jpg

Menurut Adam, ia sangat senang berada di pesantren karena banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkannya. Ia bersyukur bisa bersekolah di Pulau Jawa walaupun bangunan asrama yang dihuninya bersama puluhan santri lain sangat sederhana.

Pondok Pesantren Al-Fajar, yang jadi madrasah bagi Adam dan puluhan santri pelosok negeri lainnya, merupakan salah satu pesantren yang terletak di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Kondisi bangunannya sudah terlihat tua. Nampak jelas bagian-bagian kayu yang sudah rapuh di beberapa sudut bangunan, tembok yang retak, serta atap bagian atap yang sudah bolong-bolong.

b0a8fa153b53e94bfd1e30065d5c3a25.jpg

Asrama yang dihuni oleh 50 santri laki-laki ini juga sudah tidak layak huni. Para santri harus berbagi ruangan berdesakan dengan santri lainnya di satu ruangan. Mereka kerap merasakan sesak dan kepanasan akibat buruknya sirkulasi udara di asrama. Tembok yang sudah melapuk pun sering menyebabkan debu, yang terasa mengganggu rongga pernapasan mereka.

db09502d58138aa2835dbfadac43040a.jpg

“Kalau di asrama kami harus berbagi dengan lainnya biar bisa sama-sama tidur di malam hari. Kami juga sering merasa kegerahan. Apalagi kalau pas musim kemarau kadang kami tidak bisa tidur karena kepanasan,” ungkap Adam.

Bagaimana bisa para santri ini berkonsentrasi belajar Islam dan menghafal ayat-ayat Alquran, sementara setiap malam mereka tak bisa beristirahat dengan nyenyak dan nyaman akibat kondisi asrama yang tidak memadai.

5f3b8f3bcca94046009410f837885c8b.jpg

Sahabat Dermawan, insya Allah ACT Jawa Timur akan membantu anak-anak tepian negeri ini mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak. Sedekahmu, bisa berkontribusi untuk upaya perbaikan asrama mereka. Yuk, Bantu adam dan teman-temannya agar mereka bisa belajar dan menghafal Alquran dengan tenang dan nyaman.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang